Profil Sekolah
about
SMKN 1 Ponjong berdiri di tahun 2009 di lahan / tanah kas desa seluas 21.230 m2, Pada awalnya SMKN 1 Ponjong hanya memiliki 2 rombel dan 2 jurusan yaitu Konsentrasi Keahlian Otomotif dan Konsentrasi Keahlian Teknik Audio Video. Jumlah murid saat itu hanya 54 siswa. Seiring berjalanya waktu saat ini SMKN 1 Ponjong sudah berkembang menjadi 3 Konsentrasi Keahlian Yaitu Desain Komunikasi Visual, Teknik Kendaraan Ringan, dan Teknik Elektronika dengan jumlah rombel 21 kelas dan dengan jumlah siswa sebanyak 734 siswa.
Visi SMK Negeri 1 Ponjong adalah sebagai berikut:
Mewujudkan murid yang berkarakter, kompeten, berwawasan lingkungan dan cakap teknologi di era digital.
Indikator Visi Sekolah
1. Berkarakter
- Murid menunjukkan perilaku beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
- Murid memiliki sikap gotong royong
- Murid memiliki kreativitas (senang berpikir berbeda, menerapkan ide baru dalam memecahkan masalah, dan membuat karya-karya baru)
- Murid bernalar kritis.
- Murid memiliki sikap berkebhinekaan global (sikap terhadap kesetaraan agama, budaya, dan gender; nilai minat terhadap budaya dari berbagai negara; dan kepedulian pada isu-isu global)
- Murid memiliki jiwa kemandirian (melakukan perencanaan secara reflektif, dan pengelolaan emosi dan pengendalian diri)

2. Kompeten
- Murid meraih dua prestasi akademik tingkat nasional.
Murid meraih dua prestasi non akademik tingkat nasional.
- Lulusan yang bekerja di dunia kerja dunia industri minimal 90%.
- Lulusan yang melanjutkan ke perguruan tinggi minimal 10%.
Lulusan yang berwirausaha minimal 10%.

3. Berwawasan Lingkungan
- Murid sehat jasmani dan rohani.
- Murid mampu menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
- Murid mampu menerapkan pola hidup bersih dan sehat.
- Murid mampu mengelola sampah dengan baik

4. Cakap teknologi di era digital
- Murid mampu menguasai TI yang menunjang dalam pembelajaran
- Murid mampu menggunakan TI dengan baik dan benar
Misi SMK Negeri 1 Ponjong adalah sebagai berikut.
Indikator Berkarakter
a. Memfasilitasi tempat ibadah untuk agama Islam dan non-Islam
b. Membiasakan tadarus Al Quran dan renungan doa dalam kegiatan literasi sekolah
c. Membiasakan unggah-ungguh dan mewajibkan semua warga menggunakan pakaian adat Yogyakarta setiap Kamis Pon.
d. Membiasakan senyum, salam, sapa, sopan, dan santun (5S) dalam kehidupan sehari-hari.
e. Mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila melalui intrakurikuler, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, ekstrakurikuler, dan pembiasaan diri berperilaku positif pada semua warga sekolah.

Indikator Kompeten
a. Mengoptimalkan pembinaan murid sesuai konsentrasi keahlian.
b. Mengadakan pelatihan dan pembinaan murid sesuai dengan bidang lomba.
c. Melakukan internalisasi soft skill di dunia kerja dan penerapan hard skill murid sesuai konsentrasi keahlian.
d. Mengoptimalkan bursa kerja dan layanan bimbingan konseling bagi murid.
e. Melaksanakan penelusuran tamatan/tracer study.
f. Menyediakan sarana prasarana dan sumber daya manusia yang menunjang pembelajaran teori dan praktek.
g. Mewujudkan murid yang memiliki jiwa BMW (Bekerja, Melanjutkan Pendidikan, Wirausaha) dan berkebhinekaan global
h. Menghasilkan lulusan yang kompeten yang sesuai dengan keahliannya, berdaya saing baik di tingkat regional, nasional maupun internasional

Indikator Berwawasan Lingkungan
a. Melaksanakan program skrining kesehatan dari puskesmas setiap tahun pelajaran.
b. Membentuk tim senyum, salam, sapa, sopan, dan santun (5S) serta petugas piket kelas.
c. Membuat slogan/poster yang ditempelkan di setiap sudut sekolah untuk memotivasi seluruh warga agar hidup bersih dan sehat.
d. Membiasakan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin).
e. Mewujudkan lingkungan sekolah yang indah, sehat, sejuk, rapi dan nyaman

Indikator Cakap Teknologi di Era Digital
a. Menyelenggarakan digitalisasi pembelajaran berbasis teknologi informasi dan kompetensi untuk menghasilkan lulusan yang unggul, cerdas dan berbudi luhur serta mampu bersaing di dunia kerja
b. Memfasilitasi dan memotivasi kegiatan pembelajaran untuk mencapai digitalisasi pembelajaran yang bermutu
c. Menyelenggarakan kerjasama dengan lembaga terkait untuk meningkatkan pembelajaran berbasis teknologi di era digital
1
events
1
speakers
1
PARTICIPANTS
1
TOPICS COVERED